Selasa, 15 Januari 2013

Makalah Mata Kuliah EHB




PENGERTIAN PENILAIAN, TUJUAN, DAN FUNGSI PENILAIAN




Makalah



Oleh

Dellia Gilang Anggani              100210402082                       
Evi Dwi Ratnasari                   100210402107           






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2013



PENDAHULUAN


1.    Latar Belakang
Mata kuliah di dalam program  studi bahasa dan sastra Indonesia salah satunya adalah evalusi hasil belajar. Evaluasi hasil belajar merupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan penilaian, ukuran penilaian, kriteria penilaian, model-model penilaian, tolok ukur penilaian, dan lain-lain sebagainya terkait penilaian. Hal ini dirasa perlu untuk dipelajarai apalagi visi dalam program studi bahasa dan sastra Indonesia adalah mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi calon guru di masa yang akan datang, maka persiapan ini harus dimatangkan sehingga calon guru ini menjadi profesional sesuai dengan visi program studi.
Banyak pendidik dari era saat ini  yang kurang mempertimbangkan fungsi persatuannya dari evaluasi hasil belajar peserta didiknya, sehingga pelaksanaan penilaian sering merilaucuhkan kegiatan pembelajaran. Walaupun pada intinya terdapat berbagai macam penilaian yang dapat diteapkan oleh pendidik selakui guru di kelas bagi anak didiknya. Namun, dengan adanya macam-macam penilaian ini, maka diharapkan kepada guru untuk paham dan mampu menerapkan masing-masing macam penilaian, sehingga penerapan setiap macam penilaian tepat sasaran sesuai dengan kondisi peserta didik ataupun kelas. Dalam makalah ini, penyusun akan membahas terkait penilaian, fungsi, dan tujuan penilaian yang merupakan substansi dari mata kuliah evalusi hasil belajar.

2. Rumusan Masalah
            Rumusan masalah merupakan hal yang sangat diperlukan dalam penyusunan suatu makalah. Hal ini dikarenakan agar di dalam pembahasan tidak mengalami perluasan pembahasan yang menyebabkan tidak fokusnya pembahasan. Adapun rumusan masalah yang dimaksud di dalam makalah ini, yaitu:
1. apakah pengertian dari  penilaian?
2. apakah tujuan dari penilaian?
3. apakah fungsi dari penilaian?

3. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan di atas, maka untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dapat disebutkan bahwa rumusan masalah tersebut menjawab:
1.    mengetahui pengertian penilaian;
2.    mengetahui tujuan penilaian; dan
3.    mengetahui fungsi penilaian.

















PEMBAHASAN


1. Pengertian Penilaian
Pengertian penilaian dalam bidang pendidikan terdapat dua arti, yaitu penilaian dalam arti evaluasi (evaluation) dan penilaian dalam arti asesmen (assessment). Penilaian pendidikan dalam arti evaluasi merupakan penilaian program pendidikan secara menyeluruh dan berarti menelaah komponen-komponen yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan. Sedangkan asesmen merupakan bagian dari evaluasi karena merupakan penilaian sebagian komponen yang menyangkut penilaian hasil belajar yang berhubungan dengan komponen kompetensi lulusan dan penguasaan substansi serta penggunaannya.
Menurut Asmawi Zainul dan Noehi Nasution mengartikan penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes(dalam Abdulrahmansaleh, 2011). Dapat dipaparkan bahwa sebelum mengambil keputusan, seorang guru mencari dan mengumpulkan informasi terkait hal-hal yang menjadikan pertimbangan- pertimbangan akurat, sehingga suatu keputusan dapat dipertanggungjawabkan.
Menurut Suharsimi Arikunto penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk(dalam Abdulrahmansaleh. 2011). Penilaian bersifat kualitatif. Dapat dipaparkan bahwa yang dimaksud oleh  Suharsimi Arikunto adalah dalam pengambilan suatu keputusan, guru mengukur melaluipenilaian  terhadap peserta dididk melalui ukuran baik dan buruk yang didapat dari informasi yang bersifat kualitatif atau tidak berwujud angka, contoh: baik, buruk, rajin, cukup rajin, tekun, cukup tekun, dan nilai-nilai kualitatif lainnya. 
Menurut Djemari Mardapi (dalam Marito, 2012) penilaian adalah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran. Dapat dipaparkan bahwa penilaian yang dimaksud oleh Djemari Mardapi adalah penilaian yang didapat melalui hasil pengukuran yang berupa tes ataupun nontes dari hasil tes tersebut, maka guru dapat melakukan penilaian dengan cara  menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran yang telah dilakukan sebelumnya terhadap peserta didik.
Menurut Cangelosi (Admin Guru Kelas, 2011) penilaian adalah keputusan tentang nilai. Maksud dari pendapat tersebut adalah guru memutuskan keputusan dari nilai yang didapat oleh siswa, sehingga pengertian ini menitikberatkan pada keputusannya bukan proses pengambilan keputusannya.
Menurut Akhmat Susrajat penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik(Anonim. 2012) Maksud dari pendapat tersebut adalah guru menggunakan beberapa atau berbagai  alat untuk mengetahui tingkat kemampuan atau potensi peserta didik. Melalui alat tersebut, maka dapat diketahui kemampuan peserta didik. Karena alat tersebut sebagai tolok ukur.
Dari berbagai pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian penilaian adalah proses pengambilan keputusan nilai melalui informasi tes atau nontes yang merupakan proses penafsiran hasil pengukuran dengan ukuran baik buruk melalui penggunaan berbagai alat penilaian.

2. Tujuan Penilaian
Dalam Sosialisasi KBK dikemukakan bahwa tujuan penilaian adalah:
1.    menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu, maksudnya melalui cara penilaian individu dengan  tugas yang diberikan guru, maka siswa dapat diukur tingkat pemahamannnya selama ini terhadap materi yang diajarkan;
2.    menentukan kebutuhan pembelajaran, maksudnya dengan adanya penilaian dapat diketahui terkait kebutuhan siswa dalam hal ini adalah relevansi materi ajar yang akan diajarkan kepada siswa;
3.    membantu dan mendorong siswa, maksudnya dengan adanya penilaian guru mampu membantu siswa terkait hal-hal yang belum dimengerti atau dipahami oleh siswa hingga guru mampu mendorong siswa agar siswa memahaminya;
4.    membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik, dengan adanya penilaian dan melaui hasil penilaiannya guru mampu mengetahui tingakat atau kualitas pengakjaran yang dilakukan oleh guru selama ini;
5.    menentukan strategi pembelajaran, maksudnya adalah secara tidak langsung guru melalui penilaiannya juga menentukan strategi pembelajaran yang kondusif atau sesuai dengan kondisi siswa dan kelas, sehingga efektivitas belajar dan pembelajaran tercapai;
6.    akuntabilitas lembaga, jika suatu lembaga (sekolah) memiliki greet yang tinggi melalui hasil belajar yang dicapai oleh siswanya, maka lembaga tersebut mampu meningkatkan nilai akuntabilitas lembaga tersebut;
7.    meningkatkan kualitas pendidikan, maksudnya adalah hdari adany6a akuntabilitas yang dicapai oleh lembaga sekolahh tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kualitas yang dimiliki tinggi dan memacu peningkatan kualitas pendidikan yang diupayakan oleh pihak lembaga tersebut.

3. Fungsi Penilaian
Pada dasarnya fungsi penilaian hasil belajar dan pembelajaran adalah mengetahui keberhasilan guru membelajarkan dan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga dapat diupayakan upaya tindak lanjut. Upaya tindak lanjut merupakan fungsi penilaian hasil belajar dan pembelajaran yaitu yang dapat arberupa: penempatan peserta didik pada tempatnya yang tepat;  pemberian umpan balik; penentuan atau diagnosis kesulitan belajar; dan penentuan keberhasilan atau kelulusan peserta didik. Oleh karena itu, penilaian dapat bermanfaat baik bagi guru, siswa, orangtua, maupun bermanfaat bagi sekolah dan lembaga.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penilaian merupakan  suatu proses pengambilan keputusan, sehingga didapatkan hal lain yang merupakan efek dari proses tersebut. Hal lain yang dimaksud adalah fungsi penilaian. Adapun  fungsi penilaian merupakan  manfaat yang  diperoleh dari proses pengambilan keputusan yang disebut  dengan penilaian. Fungsi penilaian terdapat dua kategori, yaitu: fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi umum dapat dipaparkan sebagai berikut.
a) Fungsi Umum:
1.  menilai pencapaian kompetensi peserta didik, maksudnya adalah penilaian merupakan cara untuk mencapai kompetensi yang direncanakan dalam program belajar dan pembelajaran sebelumnya yang tercantum di dalam RPP;
2.  memperbaiki proses pembelajaran, dengan adanya penilaian, proses belajar mengajar dapat diketahui untuk perlu diperbaiki atau tidak karena terkait dengan efektifitas belajar;
3.  sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar siswa, penilaian merupakan bahan untuk menyusun suatu laporan terkait proses pembelajaran siswa.

b) Fungsi khusus :
1. mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa, maksudnya dari hasil penilaian yang dilakukan oleh guru, dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan belajar siswa  mengalami fluktuasi ke arah meningkat atau menurun;
 2. mendiagnosis kesulitan belajar; maksudnya dari hasil penilaian yang telah didapat oleh guru, maka guru dapat  memperkirakan bahan belajar yang sesuai dengan kemampuan dan prestasi yang dimiliki oleh siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat disukseskan;
3. memberikan umpan balik atau perbaikan proses belajar mengajar, maksudnya adalah dari hasil penilaian yang telah didapat, maka jika terdapat ketidaksejajaran antara hasil  yang ditargetkan selama proses belajar mengajar dengan hasilnya dapat diberikan berupa perbaikan atau pengulangan pembelajaran berupa penguatan yang diberikan oleh guru terhadap siswa, sehingga tujuan atau target awal pembelajaran dapat dicapai.
4. penentuan kenaikan kelas; maksudnya adalah dari adanya penilaian dan hasil penilaian yang telah didapat, maka tahap berikutnya adalah penentuan keputusan kenaikan kelas yang merupakan hasil akhir dari fungsi adanya penilaian, sehingga siswa layak atau tidak layak untuk berada di jenjang berikutnya tergantung dari hasil penilaian yang diberikan dan didapatkan siswa;
5. memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan, maksudnya adalah dari hasil penilaian tersebut guru dapat melihat kemampuan dan prestasi individu siswa  sehingga guru dapat mengenal karakter masing-masing siswa dan dapat memberikan rangsangan untuk melakukan usaha perbaikan  yang sesuai dengan karakter diri dan prestasi yang dimiliki siswa.


PENUTUP


Simpulan
Pengertian penilaian adalah proses pengambilan keputusan nilai melalui informasi tes atau nontes yang merupakan proses penafsiran hasil pengukuran dengan ukuran baik buruk melalui penggunaan berbagai alat penilaian.

Tujuan dari adanya penilaian, yaitu: menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu, menentukan kebutuhan pembelajaran, membantu dan mendorong siswa, membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik, dengan adanya penilaian dan melaui hasil penilaiannya guru mampu mengetahui tingakat atau kualitas pengakjaran yang dilakukan oleh guru selama ini, menentukan strategi pembelajaran, akuntabilitas lembaga, dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Fungsi dari penilaian ada dua, yaitu: fungsi umum dan fungsi khusus.
 a) Fungsi Umum:
1.  menilai pencapaian kompetensi peserta didik;
2.  memperbaiki proses pembelajaran;
3.  sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar siswa.

b) Fungsi khusus :
1. mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa;
 2. mendiagnosis kesulitan belajar;
3. memberikan umpan balik atau perbaikan proses belajar mengajar;
4. penentuan kenaikan kelas;
5. memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.


DAFTAR REFERENSI


Admin Guru Kelas. 2011. Pengertian Penilaian. www.google/keunggulan-dan-kelemahan-tes-uraian3.htm[29 November 2012]
Anonim. 2012. Apakah Penilaian itu?. http://www.scribd.com/doc/42735106/Kelemahan-Dan-Kelebihan-Tes. [29 November 2012]
Marito. 2012. Pengertian Penilaian. http://EHB/pengertian-penilaian.html[8 Desember 2012]
Anonim. 2012. Penilaian, Fungsi, dan Tujuan Penialain. http://EHB/pengertian-penilaian-fungsi-tujuan-1/2012.html[8 Desember 2012]
Abdulrahmansaleh. 2011. Info Pendidikan. http://www.abdulrahmansaleh.com/2011/05/.html[
8 Desember 2012]










Tidak ada komentar:

Posting Komentar