PENGERTIAN PENILAIAN, TUJUAN, DAN FUNGSI PENILAIAN
Makalah
Oleh
Dellia
Gilang Anggani 100210402082
Evi Dwi
Ratnasari 100210402107
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2013
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Mata kuliah di dalam
program studi bahasa dan sastra
Indonesia salah satunya adalah evalusi hasil belajar. Evaluasi hasil belajar
merupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang
hal-hal yang berkaitan dengan penilaian, ukuran penilaian, kriteria penilaian,
model-model penilaian, tolok ukur penilaian, dan lain-lain sebagainya terkait
penilaian. Hal ini dirasa perlu untuk dipelajarai apalagi visi dalam program
studi bahasa dan sastra Indonesia adalah mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi
calon guru di masa yang akan datang, maka persiapan ini harus dimatangkan
sehingga calon guru ini menjadi profesional sesuai dengan visi program studi.
Banyak pendidik dari era saat ini
yang kurang mempertimbangkan fungsi persatuannya dari evaluasi hasil
belajar peserta didiknya, sehingga pelaksanaan penilaian sering merilaucuhkan
kegiatan pembelajaran. Walaupun pada intinya terdapat berbagai macam penilaian
yang dapat diteapkan oleh pendidik selakui guru di kelas bagi anak didiknya.
Namun, dengan adanya macam-macam penilaian ini, maka diharapkan kepada guru
untuk paham dan mampu menerapkan masing-masing macam penilaian, sehingga
penerapan setiap macam penilaian tepat sasaran sesuai dengan kondisi peserta
didik ataupun kelas. Dalam makalah ini, penyusun akan membahas terkait
penilaian, fungsi, dan tujuan penilaian yang merupakan substansi dari mata
kuliah evalusi hasil belajar.
2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan hal yang sangat diperlukan dalam penyusunan suatu makalah. Hal ini dikarenakan agar di dalam pembahasan tidak mengalami perluasan pembahasan yang menyebabkan tidak fokusnya pembahasan. Adapun rumusan masalah yang dimaksud di dalam makalah ini, yaitu:
Rumusan masalah merupakan hal yang sangat diperlukan dalam penyusunan suatu makalah. Hal ini dikarenakan agar di dalam pembahasan tidak mengalami perluasan pembahasan yang menyebabkan tidak fokusnya pembahasan. Adapun rumusan masalah yang dimaksud di dalam makalah ini, yaitu:
1. apakah
pengertian dari penilaian?
2. apakah
tujuan dari penilaian?
3. apakah
fungsi dari penilaian?
3. Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah dipaparkan di atas, maka untuk menjawab
permasalahan tersebut, maka dapat disebutkan bahwa rumusan
masalah tersebut menjawab:
1. mengetahui pengertian
penilaian;
2. mengetahui tujuan penilaian; dan
3. mengetahui fungsi penilaian.
PEMBAHASAN
1. Pengertian Penilaian
Pengertian penilaian dalam bidang pendidikan terdapat dua arti, yaitu
penilaian dalam arti evaluasi (evaluation) dan penilaian dalam arti
asesmen (assessment). Penilaian pendidikan dalam arti evaluasi merupakan
penilaian program pendidikan secara menyeluruh dan berarti menelaah
komponen-komponen yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pemantauan. Sedangkan asesmen merupakan bagian dari evaluasi karena merupakan
penilaian sebagian komponen yang menyangkut penilaian hasil belajar yang berhubungan
dengan komponen kompetensi lulusan dan penguasaan substansi serta
penggunaannya.
Menurut Asmawi Zainul dan Noehi Nasution mengartikan penilaian adalah suatu
proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh
melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes(dalam Abdulrahmansaleh, 2011). Dapat dipaparkan bahwa sebelum mengambil keputusan,
seorang guru mencari dan mengumpulkan informasi terkait hal-hal yang menjadikan
pertimbangan- pertimbangan akurat, sehingga suatu keputusan dapat
dipertanggungjawabkan.
Menurut Suharsimi Arikunto penilaian adalah mengambil suatu keputusan
terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk(dalam Abdulrahmansaleh. 2011). Penilaian bersifat kualitatif. Dapat
dipaparkan bahwa yang dimaksud oleh Suharsimi
Arikunto adalah dalam pengambilan
suatu keputusan, guru mengukur melaluipenilaian
terhadap peserta dididk melalui ukuran baik dan buruk yang didapat dari
informasi yang bersifat kualitatif atau tidak berwujud angka, contoh: baik,
buruk, rajin, cukup rajin, tekun, cukup tekun, dan nilai-nilai kualitatif
lainnya.
Menurut Djemari Mardapi (dalam Marito,
2012) penilaian adalah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil
pengukuran. Dapat dipaparkan bahwa
penilaian yang dimaksud oleh Djemari Mardapi adalah penilaian yang didapat melalui hasil pengukuran
yang berupa tes ataupun nontes dari hasil tes tersebut, maka guru dapat
melakukan penilaian dengan cara
menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran yang telah dilakukan
sebelumnya terhadap peserta didik.
Menurut Cangelosi (Admin Guru
Kelas, 2011) penilaian adalah keputusan tentang nilai. Maksud dari pendapat tersebut adalah
guru memutuskan keputusan dari nilai yang didapat oleh siswa, sehingga
pengertian ini menitikberatkan pada keputusannya bukan proses pengambilan
keputusannya.
Menurut Akhmat Susrajat penilaian (assessment) adalah
penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh
informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian
kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik(Anonim. 2012) Maksud dari pendapat tersebut adalah guru menggunakan beberapa atau
berbagai alat untuk mengetahui tingkat
kemampuan atau potensi peserta didik. Melalui alat tersebut, maka dapat
diketahui kemampuan peserta didik. Karena alat tersebut sebagai tolok ukur.
Dari berbagai pendapat di atas,
maka dapat disimpulkan bahwa pengertian penilaian adalah proses pengambilan
keputusan nilai melalui informasi tes atau nontes yang merupakan proses
penafsiran hasil pengukuran dengan ukuran baik buruk melalui penggunaan berbagai
alat penilaian.
2. Tujuan
Penilaian
Dalam Sosialisasi KBK dikemukakan bahwa tujuan penilaian adalah:
1.
menilai
kemampuan individu melalui tugas tertentu, maksudnya melalui cara penilaian individu dengan tugas yang diberikan guru, maka siswa dapat
diukur tingkat pemahamannnya selama ini terhadap materi yang diajarkan;
2.
menentukan
kebutuhan pembelajaran, maksudnya dengan
adanya penilaian dapat diketahui terkait kebutuhan siswa dalam hal ini adalah
relevansi materi ajar yang akan diajarkan kepada siswa;
3.
membantu
dan mendorong siswa, maksudnya dengan
adanya penilaian guru mampu membantu siswa terkait hal-hal yang belum
dimengerti atau dipahami oleh siswa hingga guru mampu mendorong siswa agar
siswa memahaminya;
4.
membantu
dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik, dengan adanya penilaian dan melaui hasil
penilaiannya guru mampu mengetahui tingakat atau kualitas pengakjaran yang
dilakukan oleh guru selama ini;
5.
menentukan
strategi pembelajaran, maksudnya
adalah secara tidak langsung guru melalui penilaiannya juga menentukan strategi
pembelajaran yang kondusif atau sesuai dengan kondisi siswa dan kelas, sehingga
efektivitas belajar dan pembelajaran tercapai;
6.
akuntabilitas
lembaga, jika suatu lembaga (sekolah)
memiliki greet yang tinggi melalui
hasil belajar yang dicapai oleh siswanya, maka lembaga tersebut mampu
meningkatkan nilai akuntabilitas lembaga tersebut;
7.
meningkatkan
kualitas pendidikan, maksudnya
adalah hdari adany6a akuntabilitas yang dicapai oleh lembaga sekolahh tersebut,
maka dapat dipastikan bahwa kualitas yang dimiliki tinggi dan memacu
peningkatan kualitas pendidikan yang diupayakan oleh pihak lembaga tersebut.
3. Fungsi
Penilaian
Pada dasarnya fungsi penilaian hasil belajar dan pembelajaran adalah
mengetahui keberhasilan guru membelajarkan dan keberhasilan siswa dalam belajar,
sehingga dapat diupayakan upaya tindak lanjut. Upaya tindak lanjut merupakan
fungsi penilaian hasil belajar dan pembelajaran yaitu yang dapat arberupa: penempatan peserta didik pada
tempatnya yang tepat; pemberian umpan balik;
penentuan atau diagnosis kesulitan belajar; dan penentuan keberhasilan atau
kelulusan peserta didik. Oleh karena itu, penilaian dapat bermanfaat baik bagi
guru, siswa, orangtua, maupun bermanfaat bagi sekolah dan lembaga.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penilaian merupakan suatu proses pengambilan keputusan, sehingga
didapatkan hal lain yang merupakan efek dari proses tersebut. Hal lain yang
dimaksud adalah fungsi penilaian. Adapun
fungsi penilaian merupakan
manfaat yang diperoleh dari
proses pengambilan keputusan yang disebut
dengan penilaian. Fungsi penilaian terdapat dua kategori, yaitu: fungsi
umum dan fungsi khusus. Fungsi umum dapat dipaparkan sebagai berikut.
a) Fungsi Umum:
1. menilai pencapaian kompetensi peserta didik, maksudnya adalah penilaian merupakan cara untuk
mencapai kompetensi yang direncanakan dalam program belajar dan pembelajaran
sebelumnya yang tercantum di dalam RPP;
2. memperbaiki
proses pembelajaran, dengan adanya
penilaian, proses belajar mengajar dapat diketahui untuk perlu diperbaiki atau
tidak karena terkait dengan efektifitas belajar;
3. sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan
belajar siswa, penilaian merupakan bahan untuk
menyusun suatu laporan terkait proses pembelajaran siswa.
b) Fungsi khusus :
1. mengetahui kemajuan dan hasil belajar
siswa, maksudnya dari hasil penilaian
yang dilakukan oleh guru, dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan belajar
siswa mengalami fluktuasi ke arah
meningkat atau menurun;
2. mendiagnosis kesulitan belajar; maksudnya dari hasil penilaian yang telah didapat
oleh guru, maka guru dapat memperkirakan
bahan belajar yang sesuai dengan kemampuan dan prestasi yang dimiliki oleh
siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat disukseskan;
3. memberikan umpan balik atau perbaikan proses belajar mengajar, maksudnya adalah dari hasil
penilaian yang telah didapat, maka jika terdapat ketidaksejajaran antara
hasil yang ditargetkan selama proses
belajar mengajar dengan hasilnya dapat diberikan berupa perbaikan atau
pengulangan pembelajaran berupa penguatan yang diberikan oleh guru terhadap
siswa, sehingga tujuan atau target awal pembelajaran dapat dicapai.
4. penentuan kenaikan kelas; maksudnya adalah dari adanya penilaian dan hasil
penilaian yang telah didapat, maka tahap berikutnya adalah penentuan keputusan
kenaikan kelas yang merupakan hasil akhir dari fungsi adanya penilaian,
sehingga siswa layak atau tidak layak untuk berada di jenjang berikutnya
tergantung dari hasil penilaian yang diberikan dan didapatkan siswa;
5. memotivasi belajar siswa dengan cara
mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan, maksudnya adalah dari hasil penilaian tersebut guru
dapat melihat kemampuan dan prestasi individu siswa sehingga guru dapat mengenal karakter
masing-masing siswa dan dapat memberikan rangsangan untuk melakukan usaha
perbaikan yang sesuai dengan karakter
diri dan prestasi yang dimiliki siswa.
PENUTUP
Simpulan
Pengertian penilaian adalah proses pengambilan keputusan nilai melalui
informasi tes atau nontes yang merupakan proses penafsiran hasil pengukuran
dengan ukuran baik buruk melalui penggunaan berbagai alat penilaian.
Tujuan dari adanya penilaian,
yaitu: menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu, menentukan
kebutuhan pembelajaran, membantu
dan mendorong siswa, membantu dan mendorong guru untuk
mengajar yang lebih baik, dengan adanya
penilaian dan melaui hasil penilaiannya guru mampu mengetahui tingakat atau
kualitas pengakjaran yang dilakukan oleh guru selama ini, menentukan
strategi pembelajaran, akuntabilitas
lembaga, dan meningkatkan
kualitas pendidikan.
Fungsi dari penilaian ada dua, yaitu: fungsi umum
dan fungsi khusus.
a)
Fungsi Umum:
1. menilai pencapaian kompetensi peserta didik;
2. memperbaiki
proses pembelajaran;
3. sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan
belajar siswa.
b) Fungsi khusus :
1. mengetahui kemajuan dan hasil belajar
siswa;
2. mendiagnosis kesulitan belajar;
3. memberikan umpan balik atau perbaikan proses belajar mengajar;
4. penentuan kenaikan kelas;
5. memotivasi belajar siswa dengan cara
mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.
DAFTAR REFERENSI
Admin
Guru Kelas. 2011. Pengertian Penilaian. www.google/keunggulan-dan-kelemahan-tes-uraian3.htm[29
November 2012]
Anonim.
2012. Apakah Penilaian itu?. http://www.scribd.com/doc/42735106/Kelemahan-Dan-Kelebihan-Tes.
[29 November 2012]
Anonim.
2012. Penilaian, Fungsi, dan Tujuan
Penialain. http://EHB/pengertian-penilaian-fungsi-tujuan-1/2012.html[8
Desember 2012]
8
Desember 2012]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar